Ingat! 5 Tutorial Aman Membeli Tiket Pesawat di Agen Travel Online

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengimbau masyarakat supaya  bijak dan teliti melakukan pembelian  tiket pesawat melewati  agen travel online. Masyarakat diimbau hati-hati terhadap penyesatan informasi yang diciptakan  oknum tertentu.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub, Polana B Pramesti, menuliskan   kehadiran Online Travel Agent (OTA) adalah suatu software  yang memberikan kemudahan  kemudahan untuk  pemakai  dalam pembelian produk perjalanan,khususnya dalam pembelian tiket pesawat.

5 Tutorial Aman Membeli Tiket Pesawat di Agen Travel Online


“ Pengguna diserahkan  kemudahan tidak saja  untuk menggali  tiket termurah, namun pun  mencari pilihan  kombinasi rute penerbangan untuk menjangkau  tujuan bilamana  penerbangan langsung telah  tidak tersedia,” jelas Polana dalam siaran persnya Senin, 2 Desember 2019.

Dengan pelbagai  kemudahan tersebut, Polana mengimbau untuk  masyarakat yang akan melakukan pembelian  tiket pesawat memakai  OTA supaya  lebih arif  dan teliti dalam melakukan pembelian  tiket pesawat melewati  OTA.

5 Tips Lolos Jebakan Harga Tiket Online


Dirjen Perhubungan Udara tersebut  meminta masyarakat guna  meyakinkan  :

  • Jadwal, rute dan ruang belajar  penerbangan (ekonomi atau bisnis) yang diharapkan  dengan memenuhi  informasi dalam aplikasi;
  • Pengguna telah menggiatkan  kolom “ filter” dan memilih filter yang diinginkan, seperti: “ penerbangan langsung” atau “ penerbangan transit”;
  • “ penerbangan satu arah (one way)” atau “ penerbangan kembali  pergi (pp)” Pengguna usahakan  merencanakan perjalanan dengan baik dengan menggali  atau melakukan pembelian  tiket pesawat jauh-jauh hari sebelumnya guna  untuk mendapatkan opsi  dan harga terbaik.
  • Pengguna pun  wajib memenuhi  secara menyeluruh  dan benar semua  identitas diri dan nomor telepon kontak serta keperluan  layanan yang diperlukan, guna  dapat dilayani dengan baik oleh maskapai.
  • Jangan tak sempat  pahami secara jelas kriteria  dan peraturan  pengangkutan dari maskapai (condition of carriage) sampai-sampai  kita paham apa hak dan keharusan  sebagai konsumen serta hak dan keharusan  dari maskapai.

Harus Selalu Cermat


“ Hal ini disampaikan supaya  masyarakat calon pemakai  jasa tranportasi udara tidak salah paham berhubungan  dengan harga tiket dan dapat mendapat   layanan yang terbaik,” kata Polana.

Ditambahkannya, Kemenhub terus menyuruh  masyarakat mengamati  pembelian tiket secara online, dan waspada dengan penyesatan informasi yang diciptakan  oleh pihak-pihak yang bermaksud membingungkan masyarakat dan menciptakan  keresahan.

Dalam pembelian tiket pesawat melalui software  OTA, jelas Polana, software  tersebut akan memperlihatkan  sejumlah opsi  rute, jadwal, maskapai, ruang belajar  layanan cocok  dengan yang dikehendaki oleh pemakai , dengan keberagaman harga yang bakal  terlihat.